Jumat, 08 Oktober 2010

Negara Maju Vz Negara berkembang

Negara Maju Vz Negara Berkembang

Apakah Kehebatan Negara itu menurut tua nya Negara tersebut telah berdiri ?
Sebenarnya dari mana orang-orang bisa menilai mana yang merupakan negara maju dan mana yang Negara yang baru berkembang, seperti Negara kita ini ?
Dan bagaimana agar negara tersebut bisa terus berkembang dan berkembang hingga menjadi negara yang hebat, maju, dan di kenal di mana – mana ?
bandingkan ya, Kita lihat negara Mesir dan India. 2 negara tersebut umurnya lebih dari 20 abad, jadi perdaban udah lahir dari sana 2000 tahun yang lalu. Tapi mereka tetap saja terbelakang (miskin). Sekarang kita coba lirik negara2 kaya’ Singapura, New Zeland dan juga Australia umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun negaranya. Bertolak belakang dengan Mesir dan India negara2 yang masih bau kencur itu udah tergolong negara maju di dunia, tentunya rakyatnya ngga` miskin lagi to.
Kalo begitu apa ya?
Apakah ketersediaan SDA dari suatu negara dapat menjamin negaranya menjadi miskin ato kaya sekalipun? Mungkinkah?
Tidak juga
Jepang hanya punya luas area daratan yang amat sangat terbatas. Ampe-ampe sangat jarang banget ada pekarangan di rumah mereka. Karna luas lahan yang masih tersisa di optimalkan tuk membangun rumah2 penduduk semuat mungkin. Bandingkan dengan disini mungkin ada yang ampe turah2 ya. Bayangkan aja 80 % daratannya berupa pegunungan yang hampir tidak memungkinkan tuk mencukupi sektor pertanian dan peternakan.
Tapi realita nya Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor 2 di dunia saat ini. Bagaikan bengkel ketok magic Jepang menjadi negara Industri terapung yang besar dengan mengimpor bahan baku (mentah) dari negara di penjuru dunia, dan mengekspornya berupa bahan jadi (matang)nya.
Swiss tidak punya perkebunan coklat tapi namanya tersohor di manca negara sebagai negara pembuat coklat terbaik. Padahal 99% daratannya tidak bisa di tanami, jadi kurangkan saja dengan 100% itu yang hanya bisa ditanami.
Tak hanya handal dalam mengolah coklat tapi Swiss juga menjadi negara pengolah susu dengan kualitas top markotop. Salah satunyas Nestle yg merupakan perusahaan makanan terG`D di dunia.
Palagi? Masih ada? Biasanya dalam film2 laga, box office ato dalam film india di tipi2 Qta sering denger aktornya menyebut-nyebut Bank Swiss bila udah masuk masalah duit. Padahal Swiss tidak punya cukup reputasi dalam sektor keamanan, segi integritas dan ketertiban. Tapi saat ini bank2 Swiss menjadi pilihan bank yang paling banyak di sukai di dunia.
Menyinggung soal kecerdasan. Para eksekutif ato istilahnya Wong G`D dalam berkomunikasi dengan temannya yang dari negara terbelakang akan seia sekata bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan (maklum bahasanya Wong G`D) ato mencolok dalam hal kecerdasan.
Melihat hal yang lebih signifikan yaitu Ras ato warna kulit ternyata bukanlah faktor penting.
Para imigran yang dinyatakan pemalas di negaranya ternyata menjadi aset yang sangat produktif di negara2 maju/kaya di Eropa. Lihat saja siaran sepak bola liga2 di benua Eropa, banyak pemain2 kulit hitam yang menjamur di club2 besar maupun kecil. Karena mereka di sana sudah mendapat tempat dan diakaui sebagai pemain yang memiliki skill dengan potensi yang cukup mumpuni.
Jadi Sebenarnya apa yang menjadi Perbedaannya?
Mau tahu?
Perbedaannya sangat mendasaar & sederhana. Yaitu terletak pada ‘ATTITUDE’nya yaitu sikap/perilaku masyarakat yang telah dibentuk dari kebudayaan dan pendidikan sepanjang tahunnya.
Berdasarkan riset atas perilaku masyarakat di negara maju, bahwa ternyata mayoritas penduduknya mematuhi/mengikuti prinsip2 dasar kehidupan sebagai berikut
Prinsip Dasar Kehidupan
-Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari
-Kejujuran dan integritas
-Bertanggung jawab
-Hormat pada aturan & hukum masyarakat
-Hormat pada hak orang/warga lain
-Cinta pada pekerjaan
-Berusaha keras untuk menabung & investasi
-Mau bekerja keras
-Tepat waktu
Di negara terbelakang /miskin /berkembang hanya sebagian kecil yang mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut.
Kenapa kita masih miskin dan masih terbelakang? Knapa qta belum bisa meniru negara2 maju sperti Jepang, Swiss dan negara maju di Eropa? Singapura, Australia, New Zealand, negara2 tetangga disekeliling qta sudah pada maju kenapa kita masih duduk ngelamun saja. Apakah kita miskin karena kurangnya sumber daya alam? Apa karena banyak bencana alam yang sering menimpa qta? Bukan. . . ! Qta miskin/lemah/terbelakang karena perilaku qta yang kurang ato tidak baik. Kita sudah sadar tapi masih kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan. Yang bukan mustahil dapat membangun masyarakat yang bermatabat, meningkatkan perekomomian bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar